Header Ads

KSAU: "Latihan Jalak Sakti Sarana Uji Kemampuan Prajurit Koopsau I"


RIAU  - Latihan Jalak Sakti Koopsau I yang melibatkan unsur pesawat tempur, angkut, helikopter, Paskhas dan pendukung merupakan sarana untuk meningkatkan dan menguji kemampuan prajurit Koopsau I dalam merencanakan, melaksanakan serta mengendalikan mekanisme operasi udara.

Hal tersebut diungkapkan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna saat meninjau latihan Puncak  Koopsau I Jalak Sakti di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Riau, Jumat (20/7/2018).

Latihan yang diikuti 7.517 personel TNI AU, berlangsung selama empat hari dari 16-20 Juli 2018.

“Latihan Jalak Sakti sengaja diadakan di Kabupaten Rokan Hulu, mengingat tempatnya sangat ideal dan strategis sehingga para pelaku latihan dapat mengaplikasikan doktrin TNI AU dengan baik sesuai perkembangan yang ada”, jelas KSAU.

Sementara Bupati Rokan Hulu H. Sukiman menyampaikan rasa terima kasih kepada TNI AU karena dengan adanya latihan Jalak Sakti dapat memberikan wawasan, semangat dan minat kedirgantaraan kepada generasi muda Rokan Hulu.

Usai meninjau latihan, KSAU menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Pangkoopsau I Marsda TNI Nanang Santoso dengan Bupati Rokan Hulu mengenai hibah tanah sekitar Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian ke pihak TNI AU.

Rencananya lahan akan digunakan sebagai Pos Perwakilan TNI AU guna meningkatkan pembinaan potensi kedirgantaraan.

Di tempat yang sama KSAU meninjau alat Mobile Real Time Ground System (MRTGS) milik Koopsau I yang dioperasikan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

MRTGS  adalah alat untuk memantau pergerakan pesawat secara portabel dan dapat diulang-ulang sehingga sangat berguna sebagai sarana evaluasi latihan.

Disamping latihan, Koopsau I juga menggelar karya bakti dan bakti sosial berupa renovasi sekolah dan pelayanan kesehatan. /b.andrian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....