Header Ads

DISNAK AMBIL SAMPEL PAKAN TERNAK ANTISIPASI PENAMBAHAN BAHAN LAIN PADA PAKAN.


PASURUAN - Peternakan merupakan salah satu sumber mata pencaharian utama yang cukup tinggi jumlahnya di Kabupaten Pasuruan.

Peternak merupakan ujung tombak penggerak roda perekonomian peternakan di Kabupaten Pasuruan.Dalam berusaha di bidang peternakan,ada berbagai hal yang harus dicermati dalam managemen pemeliharaannya,yaitu antara lain pemilihan bibit pemberian pakan dan managemen pemeliharaan.Pakan sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan ternak,pakan menghasilkan energi bagi perkembangan tubuh ternak.Pakan akan di pecah menjadi ATP,ATP adalah singkatan dari adenosin trifosfat.ATP adalah sebuah molekul yang terbuat dari satu molekul adenosin yang terikat pada tiga ion fosfat anorganik.ADP merupakan singkatan dari adenosin di fosfat.ADP adalah dua molekul fosfat yang terikat pada satu molekul adenosin.ATP menyimpan energi untuk sel.Ketika ATP menghidrolisis dan menjadi ADP,energi dilepaskan dan kemudian dikonsumsi oleh beberapa reaksi metabolisme.

Pada pakan,komposisi pakan menentukan energi yang akan di hasilkan nantinya,untuk mendukung dan mengetahui perkembangan serta jaminan komposisi pakan yang beredar di lapangan maka Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan mengadakan pengambilan sampel pakan dari tiap-tiap kecamatan.

Hasil pengambilan sampel ini adalah untuk mengetahui pemetaan penyebaran jenis pakan ternak yang beredar di pasaran,mencegah penambahan bahan-bahan aditif yang di tambahkan,dan mengetahui prospek perkembangan berat badan yang akan dicapai di wilayah tersebut berdasarkan komposisi pakan ternak yang beredar.
Selain itu kegunaan dari pengambilan sampel adalah untuk mengontrol serta mengetahui ada tidaknya penambahan antibiotik atau growth promotor pada pakan umum,penambahan enzim,minyak esensial,asam organik,probiotik,prebiotik,dll yang terbukti dapat mengeliminir bakteri yang merugikan pada saluran pencernaan.
Walaupun demikian,penggunaannya tanpa perbaikan mutu pakan di feedmill atau perbaikan managemen di peternakan akan sangat tidak mungkin dapat dilakukan demi mendapatkan performa yang maksimal. Perbaikan di feedmill seperti perbaikan kecernaan pakan atau manajemen amonia di farm tentu akan sangat membantu dalam mengontrol flora disaluran pencernaan.

Perlunya perbaikan pakan di feedmill dan managemen di peternakan harus di lakukan secara holostik,untuk menjaga agar performa ternak tetap baik, Pengawasan penggunaan antibiotik di tingkat masyarakat dapat ditekan.

Pengambilan sampel pakan dilakukan di 24 kecamatan,mulai dari produsen pakan,distributor pakan sampai kepada peternak sebagai pengguna pakan dan konsumen pakan bagi ternak yang di peliharanya.   (AAW)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.