Header Ads

Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Domba Oleh Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan


PASURUAN, RADARNASIONAL.NET  -  Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan melakukan alih teknologi kepada masyarakat Kecamatan Pohjentrek khususnya Desa sungikulon yang merupakan pe gembangan teknologi bagi masyrakat dengan tema " Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Domba "

Potensi sumber daya lokal yang banyak tersedia akan lebih bermanfaat dan berguna bagi masyarakat setrmpat dengan sentuhan teknologi tepat guna. Pemberian konsentrat sebagai bahan tambahan bertujuan untuk dapat mempermudah proses pencernaan pada domba.

Tujuan dari bimbingan teknis dan pelatihan pembuatan pakan alternatif ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan peternak setempat dengan pakan Complete Comfeed herbal dan pakan fermentasi berbasis tanaman lokal sebagai alternatif pakan pada musim paceklik dan pemanfaatan limbah pertanian.

Pemateri sekaligus praktisi pada domba lapangan mengatakan bahwa rumput atau hijauan adalah makan pokok untuk sapi.

Sedangkan makanan pelengkapnya adalah konsentrat Complete Feed dapat dibuat dengan menggunakan bahan yang mudah didapat yang terdiri dari hijauan untuk konsentrat sebagai Feed aditif.

Coplete Feed dapat dibuat dengan menggunakan bahan yang mudah didapat di daerah dan harganya relatif murah. Complete Feed ini mempunyai nilai gizi tinggi dan ngka kecernaan tinggi. Disamping itu untuk mengatasi masalah rawan pakan.

Peternak dilatih membuat pakan Fermentasi yang bahan bakunya menggunakan hijauan dan konsentrat dibantu dengan Prebiotik sehingga menghasilkan pakan yang bergizi tinggi.
Bimbingan teknis ini juga membahas masalah penanganan limbah peternak menjadi biigas sebagai alternatif gas rumah tangga.

Masyarakat daerah itu mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.. Karena sebagian besar masyarakat adalah peternak sapi perah tradisional pakan yang diberikan kepada ternak adalah pakan ala kadarnya sehi gga dengan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dibidang peternakan khususnya  di Desa sunhikulon diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan skill peternak sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi peternak dan masyarakat pada umumnya.

Untuk keberlanjutan program ini akan dilakukan monitoring terhadap metode pemberian pakan dan pertabahan berat badan domba setelah 30 hari.( Tt)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....