Header Ads

Anggota Koramil 10/Karimunjawa Laksanakan Pengamanan Festival Barikan Kubro.



Jepara - Barikan atau lebih dikenal dengan istilah Festival Barikan Kubro merupakan tradisi yang sudah dilakukan oleh masyarakat Karimunjawa secara turun temurun. Barikan ini merupakan wujud syukur masyarakat Desa Karimunjawa atas hasil bumi dan laut.

Seperti yang di laksanakan Kamis siang kemarin, anggota Koramil 10/Karimunjawa Dim 0719/Jepara melaksanakan pengamanan acara Festival Barikan Kubro di kecamatan Karimunjawa kabupaten Jepara, yang di ikuti oleh sekitar 1000 orang warga kecamatan Karimunjawa.

Festival ini di hadiri oleh jajaran Muspika kecamatan Karimunjawa, pemerintah desa karimunjawa, Anggota Koramil Karimunjawa, Anggota Polsek Karimunjawa, anggota Pol Airud Karimunjawa, Toga Tomas dan Toda Karimunjawa.

Tradisi Barikan di desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara memiliki arti tersendiri bagi warga Desa Karimunjawa khususnya, menurut mereka tradisi barikan karimunjawa adalah sebagai bentuk wujud syukur dan berbagi kepada sesama makluk ciptaan Tuhan yang ada di laut karimunjawa. Untuk itu, tumpengnya tidak hanya hasil bumi, nah beda kan dengan tradisi barikan di tempat-tempat lainnya, warga Karimunjawa tidak hanya menggantungkan hidupnya dari hasil bumi, tetapi juga dari laut. Warga di kepulauan karimunjawa meyakini, makanan yang berada di tumpeng yang mereka arak, seperti hasil bumi dan laut, bisa membawa berkah bagi siapa saja yang mendapatkannya. Namun, yang paling jadi rebutan warga adalah kacang hijau dan garam yang ada di puncak tumpeng. Garam dan kacang hijaunya nanti disebar keliling rumah untuk tolak balak. Selain wujud syukur, Barikan kali ini dimaksudkan untuk menyambut datangnya musim baratan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....