Header Ads

Acara Mappalili Dihadiri Babinsa Rajang Koramil Lembang


PINRANG - Babinsa Rajang Serda Salahuddin menghadiri acara Mappalili yang diselenggarakan oleh kelompok Tani Malong di Jln Poros Rajang Pakeng, Desa Rajang, Kecamatan Lembang, Kabupaten  Pinrang. (07/11/2018).

Mappalili adalah Tradisi berdoa sebelum turun sawah sudah lama menjadi budaya bagi masyarakat Pinrang, hal ini merupakan manifes atas pengharapan agar produksi panen kelak bisa memenuhi keinginan masyarakat dan terhindar dari hama serta bencana lainnya.

menghadapi musim tanam Oktober - Maret kali ini, masyarakat Desa Rajang  bersama – sama melakukan ritual doa bersama dalam rangkaian acara Mappalili yang dihadiri oleh Kades Rajang, Muhammad Abu, penyuluh pertanian Kecamatan Lembang, Muhammad said SP, PPL Desa Rajang, Hj Hanifa SP, Babinsa Rajang Serda Salahuddin, Ketua kelompok tani Malong, Saleng beserta anggota, para tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda Desa Rajang.

Kades Rajang mengatakan "Budaya ini sejak dulu memang sudah dilakukan oleh nenek moyang kita,  jadi saya harap tradisi ini terus dilakukan karena ini sebagai upaya melestarikan adat istiadat yang ada di Pinrang dan mari kita sama-sama berdoa,agar segala hal yang dapat menghambat proses pertanian kita bisa dijauhkan oleh Allah SWT”  ujarnya.
Kades Rajang menambahkan jika para petani harus mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik, merata, dan menjangkau seluruh wilayah dan lapisan masyarakat, sehingga seluruh unsur yang terkait pertanian tidak boleh mengendorkan semangat dan terus bekerja keras.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Rajang Serda Salahuddin mengajak para petani untuk melestarikan kegiatan Mappalili ini karena didalamnya ada semangat kegotong royongan yang terbina dengan baik, ” kegiatan pertanian  sangat membutuhkan kebersamaan, persatuan dari para petani khusunya dalam menentukan jadwal tanam dan pengendalian hama penyakit dalam menentukan keberhasilan kita semua dan sebagai Babinsa saya siap mendampingi petani mulai dari tahap pengolahan sampai panen” ujar Salahuddin.
(08/11/2018).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....