Header Ads

Puluhan Rumah Rusak Tertimpa Pohon Tumbang Akibat Terjangan Angin Puting Beliung


Malang,  Radar Nasional Online Tepatnya hari jumat kemarin ( 11/01/2019) telah terjadi,  Bencana angin puting beliung menerjang dua wilayah kecamatan di Malang, Jawa Timur, . Bencana angin kencang itu terjadi di Kecamatan Pakis dan Kecamatan Jabung, Malang. Kejadian sekitar pukul 15.00 WIB tersebut menyebabkan puluhan rumah rusak tertimpa pohon dan tumbangkan tiang listrik.

Di Kecamatan Pakis, angin puting beliung menumbangkan empat pohon di Desa Pakisjajar. Sedangkan di Kecamatan Jabung, angin puting beliung memporak-porandakan enam desa, yaitu Desa Sidomulyo, Desa Kemantren, Desa Kenongo, Desa Argosari, dan Desa Sidorejo serta Desa Sukopuro.

Camat Jabung Hadi Sucipto mengatakan, kerusakan paling parah terjadi di Desa Sidorejo. Dimana angin puting beliung ini kurang lebih sudah merusak 11 rumah warga.

“Di Desa Sukopuro ada dua rumah yang rusak. Sedangkan di Desa Kenongo anging puting beliung merusak atap gedung Bumdes. Selain itu juga ada parkir motor yang rusak, dan kandang sapi yang rusak,” katanya.

Dia mengatakan rumah rusak selain atap terkena angin, juga akibat tertimpa pohon yang tumbang. Selain itu, kata Hadi, angin juga menumbangkan tujuh pohon, dan merobohkan satu tiang listrik di Desa Sidomulyo. Akibatnya, hingga malam hari listrik di desa tersebut pun padam.

“Saat itu hujan mengguyur sangat deras dan disertai petir. Tiba-tiba angin kencang berhembus, dan menerbangkan atap rumah warga juga menumbangkan sejumlah pohon. Sekarang kami masih koordinasi dengan PLN untuk arus listriknya. Semoga cepat ditangani, agar listrik kembali menyala,” ungkapnya.

Dia mengatakan saat angin puting beliung terjadi, warga banyak berada di dalam rumah, karena kondisi cuaca sedang hujan. “Tapi begitu angin menimpa rumah warga, mereka panik dan kemudian keluar. Suasana saat itu sempat mencekam, apalagi banyak pohon yang tumbang. Hingga pukul 16.00 Wib, setelah kondisi hujan reda warga pun berhamburan keluar.

“Kami begitu mendapat informasi langsung mendatangi TKP. Bersama Muspika dan BPBD serta PMI, kami langsung melakukan kerja bakti. Untuk pohon tumbang dan tiang listrik yang melintang di jalan langsung dievakuasi, agar akses jalan tetap bisa dilewati,” terangnya.
Saat awak media memantau dilokasi dimana tempat kejadian, pihak BPBD setempat telah menyalurkan bantuan kepada para korban angin puting beliung berupa sembako. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun  banyak puluhan rumah  yang, rusak tertimpa pohon tumbang dan bukan hanya rumah saja tiang listrikpun tak luput dari terjangan angin putih beliung yang terjadi di jumaad kemarin ( ttk / red )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.