Header Ads

Di Lumajang Patung Simbol Agama Hindu Dirusak Orang



LUMAJANG,   radarnasional.net. Desa Argosari Kec.Senduro di gemparkan berita perusakan simbol agama Hindu.

Diketahui, patung yang dirusak bukanlah patung yang berada di Pura Mandara Giri Senduro tetapi merupakan patung Padmasari yang berada di pinggir jalan menuju wisata B29.

Polsek Senduro yang mengetahui dan mendengar informasi tersebut langsung meluncur ke TKP dengan dibantu anggota dari Polres lumajang, Setelah di kroscek secara langsung di tempat kejadian memang benar bahwa patung tersebut rusak hancur bahkan ada tiga tempat yang berbeda.
Dalam pernyataan nya, AKBP DR Muhammad Arsal Sahabn SH SIK MM MH menyampaikan berkali-kali dengan tegas hal itu tidak ada kaitanya dengan unsur SARA.

"Saya sangat menghimbau kepada umat hindu untuk menahan diri dan tak mudah terprovokasi atas kejadian ini karena memang hanya dilakukan oleh orang-orang iseng saja.

"Agama Hindu yang ada di  Kecamatan Senduro Kabupten lumajang adalah agama minoritas kenyataannya memang tak pernah ada penolakan setiap ada kegiatan Peribadatan Agama Hindu selama itu” ujarnya.
“Saya berjanji dan berusaha untuk mengungkap pelaku pengrusakan Patung Padmasari tersebut yang berada di pinggir jalan desa Argosari menuju jalan wisata B29 Dan juga saya tidak ingin masalah ini di Plintir-plintir oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab” tegas Arsal.

Bapak Ismail selaku Kepala Desa Argosari kecamatan Senduro juga mengatakan tak pernah ada permasalahan antar warganya meskipun ada perbedaan keyakinan di sekitar desanya dan ini adalah ulah dari orang-orang yg lagi iseng saja.
Saya sebagai Kepala Desa pasti bertanggung jawab atas kejadian ini dan segera akan kami perbaiki kembali bersama masyarakat Argosari,” ungkap kades.

  Selain itu, Parisada Hindu Dharma Indonesia atau yang lebih dikenal PHDI Lumajang juga menyatakan bahwa umat Hindu  di Lumajang akan bersabar dan menahan diri serta melimpahkan segala urusan ke pihak yang lebih berwenang.
Ini bukanlah suatu penolakan terhadap kegiatan peribadatan umat Hindu.
Saya yakin ini adalah orang iseng dan kami juga sudah berkomunikasi langsung dengan Kepala Desa Argosari dan Kapolsek Senduro” ungkap Bpk. Edy Sumianto. S,Ag yang merupakan ketua PHDI wilayah kab.lumajang.

Reporter : Bektiwiyono.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.