Header Ads

Penuh Khidmat, Umat Hindu Warga desa Kenongo Merayakan Taur Kasanga.



Lumajang, radarnasional.net. Beberapa hari yang lalu Bupati Thoriqul Haq, M.ML. Hadir di tengah masyarakat Desa Kenongo Kecamatan Gucialit dalam rangka perayaan Taur Kasanga, Rabu Tanggal 6 Mart 2019 pada saat itu.

Taur Kasanga yaitu merupakan ritual ogoh-ogoh yang diakhiri dengan pembakaran.
Ritual tersebut bertujuan agar supaya di hindarkan dari segala macam gangguan penyakit dan lain sebagainya yang buruk maka dilambangkan Ogoh-ogoh/Boneka raksasa.

Bupati mengatakan bahwa kehadirannya adalah merupakan suatu penghormatan terhadap keragaman umat beragama yang ada di Kabupaten Lumajang.
"Menurutnya ini sebagai bentuk penghormatan Kami bagi Pemerintah Kabupaten Lumajang karena keberagaman umat ber Agama yang ada ini tetap selalu terjaga dengan baik.
Kami berkewajiban dan sama-sama untuk saling melindungi keberagaman umat beragama yang ada," ujarnya.

Bupati mengapresiasi kerukunan umat beragama yang ada di Desa Kenongo, Hal itu nampak dalam kegiatan keagamaan yang juga menyertakan partisipasi masyarakat lintas agama.                                   
"Ini termasuk luar biasa karena semua hadir untuk berpartisipasi," pungkasnya.

Bupati berharap, kegiatan keagamaan semacam ini harus seringkali dilaksanakan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk Berpartisipasi dan toleransi demi menjalin persatuan keragaman umat ber Agama tentunya akan semakin kuat.

Reporter: A.Bektiwiyono.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....