Header Ads

Bimtek Teknologi Produksi Ayam KUB Untuk Penyuluh Pertanian




Sleman  -   radarnasional.net,  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Litbang Pertanian Yogyakarta, menyelenggarakan Bimtek Teknologi Produksi Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (ayam KUB) untuk penyuluh pertanian ASN dan penyuluh swadaya seDIY, Senin 22 April 2019.di Aula BPTP, maguwohardjo, Sleman. Nara sumber Kepala Balai Penelitian Peternakan- Badan Litbang Pertanian, Ciawi-Bogor, dan Penyuluh BPTP Yogyakarta.


Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 48 orang Penyuluh pertanian se DIY dari empat kabupaten dan  kota jogjakarta , 3 orang penyuluh swadaya dan 2 orang penyuluh pertanian tingkat provinsi. Materi yang disampaikan meliputi teknologi pembibitan, pakan, kandang dan kesehatan ternak serta latihan vaksinasi.


DR.Ir.Rahima Kaliky,M.Si., Penanggung jawab kegiatan Bimtek Teknologi Produksi ayam KUB, mengatakan Bimtek bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan penyuluh terhadap teknologi produksi ayam Kampung Unggul Balitbangtan (ayam KUB), BPTP yogyakarta telah mendesiminasi ayam KUB di DIY sejak tahun 2011 dan pada tahun 2014 BPTP bersama balai penelitian peternakan mengembangkan sentra ayam KUB, di dusun karongan , desa jogotirto, Berbah- Sleman, dan tahun 2018 BPTP yogyakarta telah memberi kontribusi nyata dalam mendukung program bedah kemiskinan rakyat sejahtra ( BEKERJA ) Kementerian Pertanian RI dengan memproduksi DOC ayam KUB.


Drh.Windarti Indri,M.Si, salah satu Nara sumber Bimtek sekaligus Penyuluh BPTP kepada Perss mengatakan, BPTP yogyakarta mendapat tugas dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk produksi anak ayam kampung unggul Balitbangtan (ayam KUB) program ini mulai dilakukan bulan september 2018, diawali dengan mempersiapkan kandang, oktober - desember 2018, telah memproduksi  14.400 anak ayam KUB, dan telah di distribusikan ke jawa barat, selanjutnya target produksi  tahun 2019, akan mencapai 46.000 ekor anak ayam KUB. secara ekonomi memelihara ayam KUB jauh lebih untung, kata  drh.windarti, karena karakterstik ayam KUB memiliki produktifitas tinggi yaitu 160-180 butir/ekor/ tahun, bobot badan ayam dewasa mencapai 1.200-1.600 gram, bobot telur mencapai 35-45 gram, daya tahan terhadap penyakit tinggi, puncak produksi telur mencapai 65%,pertama bertelur pada usia 20-22 minggu, sebagian besar tidak mengeram sehingga kami menyiapkan mesin penetas dengan kapasitas 700 ekor ayam KUB setiap tiga minggu. Kata penyuluh BPTP ini. (ypt)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....