Header Ads

Sarjana Terapan Lebih Diminati Dunia Industri



Jogjakarta, Radarnasional.net -  Sekolah Vocasi Universitas Gajah Mada mewujudkan komitmennya untuk membuka lebih banyak program Sarjana Terapan atau diploma 4 tahun.

Dekan Sekolah Vocasi Universitas Gajah Mada, Wikan Sakarinto Ph.D. Dalam konference Perss, Selasa, 30 april 2019,  di Ruang sidang Humas/Hukor gedung pusat UGM,lt 1,sayap selatan,bulaksumur yogyakarta, menjelaskan bahwa Sekolah Vocasi UGM Tahun Akademik 2019/2020 hanya  akan menerima mahasiswa untuk program studi Sarjana Terapan, dan saat ini sudah disiapkan 13 program studi  dari klaster sains teknologi maupun sosial humaniora, yaitu  9 prodi Sarjana Terapan yang baru dan 4 prodi sarjana terapan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2014 silam.

Sarjana Terapan merupakan program setara S1(level 6 KKNI) yang mengaplikasikan 60% praktek dan 40% teori dalam pemberalajannya, dan ditahun terakhir mahasiswa Sarjana Terapan akan melaksanakan magang di industri  baik didalam maupun diluar negeri, kata Dekan.

Lulusan Sarjana Terapan Sekolah Vocasi sangat dibutuhkan oleh dunia kerja dan industri karena program Sarjana Terapan dikembangkan dengan konsep Link and Match antara kampus dan industri.

 Lebih lanjut ,Wikan  mengatakan, Adanya  prodi Sarjana Terapan akan semakin  mendukung pengembangan  Teaching Industry di Sekolah Vocasi UGM, Teaching Industry adalah konsep pengembangan dan peningkatan pendidikan  Vocasional untuk mewujudkan sinergi dunia pendidikan dengan dunia usaha dan Industri. Dengan adanya Teaching Industry, kompetensi dan kreativitas mahasiswa akan meningkat.

Harapannya akan tercipta produk-produk baru ( prototype industri ) serta akan bertambah jumlah paten, produk berintegrasi, publikasi riset terapan, dan hilirisasi produk inovasi ke pasar global baik dalam bentuk komersial maupun pengabdian masyarakat.

Lanjut Dekan, penggemar olah raga tenis ini, bahwa Sekolah Vocasi UGM merupakan satu- satunya Fakultas penyelenggara pendidikan vocasional di Universitas Gajah Mada, selain unggul dalam kurikulum karena disusun berdasarkan kebutuhan industri, sekolah Vocasi UGM juga unggul dalam mendorong soft skills mahasiswa, dan juga kami  terus menjalin hubungan kerjasama dengan lembaga dan Universitas diluar negeri untuk mewujudkan program dual degree, student exchange, dan international projec lain, kata Wikan  (ypt)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....