Header Ads

Pangdam IX/Udayana Ajak Komponen Masyarakat Wujudkan NKRI yang Berdaulat dan Sejahtera





Denpasar, Bali,radarnasional.net - Komunikasi adalah hal yang hakiki dalam kehidupan sosial umat manusia. Tidak ada manusia yang melepaskan hidupnya untuk berkomunikasi antar sesama. Oleh karena itu, komunikasi sosial sangat penting dalam kehidupan manusia guna saling berinteraksi dengan sesama, karena manusia hakekatnya tercipta sebagai mahluk sosial.

Dengan dasar tersebutlah, pada Kamis (27/6/2019) hari ini, Kodam IX/Udayana menggelar acara Komunikasi Sosial dengan Seluruh Komponen Masyarakat yang dilaksanakan di Aula Makodam IX/Udayana dengan dihadiri sekitar 150 orang.

Mengawali sambutannya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan hadirin yang telah meluangkan waktu untuk berkenan hadir pada acara Komunikasi Sosial kali ini.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada Komsos kali ini, yaitu "Melalui Silaturahmi Dengan Komponen Masyarakat, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Rangka Membantu Kesulitan Rakyat Serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI", diharapkan dapat memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI AD dengan Komponen Masyarakat untuk kepentingan pertahanan negara, guna terwujudnya NKRI yang berdaulat dan sejahtera.

"Dalam rangka mengoptimalkan keberhasilan pelaksanaan tugas pokok, TNI Angkatan Darat khususnya Kodam IX/Udayana perlu membangun kebersamaan dan keterpaduan dengan seluruh komponen bangsa lainnya melalui Komunikasi Sosial, agar rasa kebersamaan kemanunggalan TNI dan rakyat tetap terpelihara dengan baik," ujar Pangdam.

Komunikasi Sosial merupakan media yang sangat efektif dalam rangka membangun senergitas baik antar individu maupun antar instansi. Perlu disadari bersama, bahwa segala bentuk pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah harus dilaksanakan dengan bersinergi baik dalam lingkup sektoral maupun lintas sektoral.

"Kegiatan Komunikasi Sosial yang kita laksanakan pada hari ini sifatnya untuk saling tukar informasi antara TNI dengan segenap Komponen Masyarakat, dengan sasaran terwujudnya komunikasi yang intensif antara Prajurit Kodam IX/Udayana dengan seluruh komponen masyarakat dan tercapainya pemahaman tentang kebijakan Pimpinan Kodam IX/Udayana oleh komponen masyarakat dalam mendukung tugas pokok, khususnya dalam pelaksanaan pembinaan teritorial," ungkap Pangdam.

Selain itu, acara yang dilaksanakan dalam suasana penuh keakraban dan kekeluargaan tersebut juga dimaksudkan guna tercapainya pemahaman dan partisipasi komponen masyarakat dalam mendukung upaya pertahanan negara, serta terwujudnya jalinan kerjasama antara komponen masyarakat dengan TNI AD dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat serta mencegah segala kemungkinan ancaman, hambatan dan gangguan yang dapat menghambat pelaksanaan pembangunan nasional.

Pangdam menambahkan dalam Undang-Undang RI No. 34 tahun 2004 disebutkan tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan. Tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), dimana tugas-tugas tersebut yang sebagaimana tertuang dalam 14 butir tugas TNI dalam OMSP diantaranya 'Membantu tugas pemerintahan di daerah' dan 'memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta',

"Kita tentunya menaruh harapan besar dengan diselenggarakannya acara Komunikasi Sosial ini, semoga setelah selesainya acara ini kita memiliki persepsi yang sama dalam rangka menghadapi berbagai tantangan pembangunan bangsa khususnya di Provinsi Bali. Saya ingin mengajak pemerintah dan masyarakat bersatu padu dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul," harap Pangdam.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy, LO AL, LO AU, para Dan/Kabalakdam IX/Udy, Ketua MUI Bali, Ketua Walubi Bali, Ketua PERIP, Ketua PPAD, Ketua PEPABRI, Ketua Flobamora, Ketua Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Ketua Pemuda Pancasila, Ketua Ikatan Keluarga Batak (IKB), Ketua Buldog dan Ketua Segoro serta para Undangan lainnya.

(Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....