Header Ads

Taman Wisata Candi Prambanan Dipadati Wisatawan




Sleman, Radarnasional.net
Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, terletak di perbatasan Klaten -Jateng dan Prambanan-DIY,  Candi Prambanan selalu  di padati oleh wisatawan disetiap musim liburan,  baik liburan sekolah, Natal-Tahun Baru dan terlebih liburan hari raya Idul Fitri / Lebaran.

PT.Taman Wisata Candi , Borobudur, Prambanan & Ratu boko (persero) merupakan destinasi wisata unggulan di DIY dan Jateng, dibawah Kementerian BUMN, obyek wisata Candi ini selalu berbenah untuk menyambut wisatawan nusantara maupun wisatawan asing terlebih  event-event liburan Nasional.

General Manager TWC Kantor Unit Prambanan, Ariono Indro, saat ditemui wartawan dikantornya, sabtu (8/6/2019) mengatakan, target kunjungan wisatawan di moment Lebaran yang mulai berlaku dari tanggal 4-15 juni 2019 kita targetkan 200 ribu orang pengunjung, hal ini berdasarkan pengalaman tahun 2018 lalu, kunjungan wisatawan ke TWC Prambanan mencapai 190 ribu orang, katanya.

Untuk memberikan tambahan kenyamanan saat berwisata  kami tambahkan beberapa wahana baru di area wisata seperti taman kelinci, permainan, nineboard, offcar, dan   temple gelato (ice cream), selain itu  ada kreasi menu makanan tradisional seperti nasi manohara, gedang gapit dan slada nusantara, untuk atraksi hiburan kami bekerjasama dengan klub kesenian masyarakat sekitar untuk menghibur  para pengunjung, seperti jatilan, cokean, paranggono, dan hiburan kus plusan.

Kunjungan wisatawan ke TWC Prambanan pada liburan Lebaran biasanya didominasi keluarga yang datang dari berbagai daerah, apalagi sekarang akses jalan Tol sudah cukup baik dan lancar, ditambah lagi pintu Tol boyolali sudah dioperasikan sehingga arus mudik maupun arus balik dari Timur ke barat bisa mampir ke Jogjakarta melalui klaten, ujar Indro.

Untuk kunjungan wisatawan asing tidak bengitu banyak di musim liburan lebaran karena pertimbangan kenyamanan wisatawan asing, tapi biasanya kunjungan wisatawan asing paling banyak di bulan Juni-Agustus setiap tahunnya,kata General Manager TWC Kantor Unit Prambanan.

Lebih lanjut Ariono Indro menuturkan, bahwa akses masuk ke taman wisata Prambanan sekarang sangat mudah, karena kami membuka dua pintu  tambahan di sisi barat,  yang biasanya hanya satu pintu reguler di sisi timur, ini untuk memudahkan wisatawan bisa masuk dari sisi timur maupun sisi barat, untuk area parkir kendaraan baik mobil dan motor kami siapkan kantong parkir  di lapangan terbuka dan juga depan Ramayana Ballet, agar tidak mengganggu ruas jalan Jogja-Solo yang merupakan jalan utama atau jalan nasional, dimana saat ini banyak sekali kendaraan yang melintas baik yang keluar dari Yogyakarta kearah Klaten-Jateng,  maupun yang masuk atau  menuju Yogyakarta, ujarnya

Pengamanan  area TWC Prambanan selama liburan lebaran, kami bekerjasama dengan TNI dan Polda DIY maupun Polda Jateng, ditambah Pam internal TWC, dengan sistim terbuka dan tertutup yang kami koordinasikan setiap hari. pungkasnya. (ypt)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....