Header Ads

Akademi Analis Kesehatan Manggala Yogyakarta, Gelar Workshop Teknik Penulisan Artikel Publikasi Ilmiah



Bantul.Radarnasional.net
Salah satu upaya meningkatkan pemahaman dan kemampuan tenaga Akademik (Dosen) dalam menyusun artikel/manuskrip hasil penelitian untuk publikasi ilmiah,maka Akademi Analis Kesehatan Manggala Yogyakarta, melalui Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) mengadakan " Workshop Teknik Penulisan Artikel Publikasi Ilmiah", Sabtu,(27/7) di Hotel Grand Dafam Rohan, Yogyakarta.

Direktur AAK Manggala Yogyakarta (Andi Suryanto,S.Farm.,M.Si.,Apt), kepada wartawan mengatakan, Tujuan kegiatan ini  untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta dalam menulis artikel ilmiah,  memberikan pengetahuan mengenai literatur, dan mendorong Dosen dalam menulis artikel ilmiah untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal nasional, serta meningkatkan jumlah artikel ilmiah Dosen yang dipublikasikan dalam jurnal nasional.

Kegiatan Workshop ini, diikuti oleh  Dosen tetap dan tidak tetap AAK Manggala dan para mitra AAK Manggala Yogyakarta, dengan menghadirkan Nara Sumber , Dr. Eng.Retno Suprianti,ST., MT , dari prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Jendral Sudirman, Purwokerto.

Adapun materi yang di sampaikan dalam workshop kali ini meliputi , Kajian literatur, Standarisasi artikel (APA Style),  Penggunaan citation & reference manager (mandeley), Google schoolar & Indeks sitasi, Skim Penelitian & Pengabdian Simlitabmas Kemenristekdikti.

Lanjut Direktur AAK Manggala, kita sadari bahwa setiap Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta mempunyai Tri Dharma Perguruan Tinggi , yang meliputi : Pendidikan dan Pengajaran , Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat, dimana Tri Dharma tersebut harus dilaksanakan semuanya  sebagai bagian dari tanggung jawab kita sebagai tenaga Dosen.Kita sadari betul, tidak semua Tri Darma Perguruan Tinggi kita  laksanakan dengan baik, karena ada kalanya kita hanya fokus pada pendidikan dan pengajaran tapi kurang dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat, atau bisa berubah-ubah, ujarnya.

Maka melalui kegiatan Workshop ini, kita ingin menyadarkan kepada tenaga pengajar / Dosen untuk meningkatkan pemahaman dalam menyusun artikel hasil penelitian ilmiah, kalau dulu penelitian cukup hanya sebagai bahan kajian saja, tapi sekarang  hasil penelitian Ilmiah ,artikel dan jurnal wajib dipublikasikan. Pungkasnya.(ypt)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....