Header Ads

POLRI Tiga Besar Institusi yang di Percaya Publik



Sleman, Radarnasional.net
Puncak Peringatan hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019, Polda DIY melaksanakan upacara Pembinaan tradisi, dan Syukuran, Rabu (10/7) di halaman Mako Polda DIY,  di hadiri oleh Pejabat  utama Polda DIY, Gubernur DIY, Forkopimda DIY, Satuan Kerja Polda DIY, dan tamu undangan lainnya.

Thema HUT 73 Bhayangkara tahun 2019 " Dengan semangat Prometer, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara"

Kapolda DIY, Irjen Pol.Drs.Ahmad Dofiri, membacakan Sambutan Kapolri. Jendral Polisi,Tito Karnavian, Pada Syukuran Peringatan ke 73 Hari Bhayangkara tahun 2019, mengatakan, Polri melaksanakan berbagai perbaikan selama tiga tahun terakhir, melalui program Prometer, dengan 3 kebijakan utama : Pertama, peningkatan kinerja, yang diwujudkan  melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum dan pemeliharaan  stabilitas Kamtibmas.

Kedua, Perbaikan kultur yang direalisasikan  dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan dan menekan kekerasan aksesif. Ketiga, manajemen media yang dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial dengan menyampaikan berbagai upaya Polri dalam memelihara Kamtibmas dan meminimalisasi berita negatif , termasuk hoax dan ujaran kebencian.

Dalam tiga tahun implementasi program Prometer telah menunjukkan hasil yang baik,  kepercayaan publik terhadap Institusi Polri terus meningkat. Polri pada tahun 2016  termasuk dalam  3 Institusi dengan kepercayaan rendah, dan saat ini berdasarkan hasil survai yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga yang kredibel, Institusi Polri berada pada 3 besar lembaga yang dipercaya publik.

Seusai upacara dilanjutkan dengan ramah tamah, dan penganugerahan penghargaan kepada pemenang lomba, kegiatan HUT 73 Bhayangkara.

Polda DIY, sejak awal tahun 2019, telah dilengkapi fasilitas unit Command Center, kepada wartawan Ahmad Dofiri, menjelaskan fungsi Command Center Polda DIY, yang mengakomodir tiga fungsi tugas Kepolisian :  Reskrim,Intel dan lalu lintas, dengan  systim konectifitas  CCTV yang telah terpasang di berbagai titik strategis baik yang berada Polda DIY dan di wilayah Kota yogyakarta. Di internal Mako Polda DIY terpasang 24 unit CCTV, diluar 6 unit. Command Center juga sudah ada di Polres-Polres se DIY, sekarang kita menjajaki konectifitas dengan Pemda Kota Yogyakarta, yang telah mendapat bantuan 200 unit CCTV melalui program CSR,  juga dengan Dinas Perhubungan yang memiliki 70 unit, akan kita gabungkan dengan sistim pantauan CCTV di Command Center Polda DIY,  dengan demikian dapat menekan kerawanan kamtibmas. ujar Kapolda DIY

Sementara itu, AKP Parliska,Kaur Komunikasi dan IT,  mendemonstrasikan fungsi dan sistim konektifitas (CCTV) baik yang terpasang di lingkungan Mako Polda DIY dan titik nol km dan UIN Sunankalijaga, jalan Adisucipto.

AKP Parliska,menjelaskan  kecanggihan camera PTZ resolusi tinggi , dengan sudut pantau 360 derajat,  radius zoom 2 km efektif, dengan kamera CCTV ini kita dapat memantau setiap pergerakan kendaraan baik jenis maupun menghitung jumlah kendaraan masuk atau keluar, serta memantau kendaraan yang dicurigai, juga dilengkap dengan face rekord untuk membandingkan seseorang dan mensortir wajah yang ada kemiripan, kemudian diteliti secara manual.

Selain itu menghitung populasi kepadatan di area penyampaian pendapat di muka umum. Command Center juga menghimpun keluhan masyarakat melalui media sosial  / HP (kode akses 110) bagi masyarakat yang enggan melapor  ke  Polsek terdekat, melalui alat ini akan terdeteksi posisi pelapor,  bisa juga melalui medsos yang di kelola Humas Polda DIY, atau melalui media-media lain, seperti web. Polda DIY, Input tersebut di sharing dan diberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. pungkasnya.(ypt)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....