Header Ads

IZI Jogjakarta Siap Mendukung Program Gandeng Gendong




Jogjakarta, Radarnasional.net
Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mengapresiasi dan siap berkontribusi terhadap usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera dalam program Gandeng Gendong Pemerintah Kota Jogjakarta.

Wakil Walikota Jogjakarta,Drs Heroe Poerwadi menerangkan Program "Gandeng Gendong" melibatkan seluruh elemen Pembangunan yang ada diwujudkan melalui pengembangan semua pemangku kebijakan sesuai kewenangan masing masing.

Program Gandeng Gendong melibatkan 5 elemen mulai dari PemKota, Korporasi, Kampus,Kampung,Komunitas,program ini bertujuan mempercepat upaya-upaya pengentasan kemisikinan di dalamnya termasuk Lembaga Amil Zakat (LAZ), diharapkan mensukseskan program Gandeng Gendong ini, ujar Wakil Walikota Jogjakarta pada acara Forum Group Discussion (FGD) di Gedung DPD RI Yogyakarta,kamis ( 8/8/2019).

Menanggapi program Gandeng Gendong,Pimpinan Perwakilan IZI Jogjakarta,Soetarto mengungkapkan bahwa sejak adanya Perwakilan IZI di DIY, sudah memiliki komitmen untuk membantu program Pemerintahan dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Soetarto mengatakan salah satu yang sudah di lakukan IZI dalam Pemberdayaan Ekonomi Kemasyarakatan yaitu melalui Lapak Berkah dan pelatihan Inkubasi keterampilan (PIK) cukur.

Lanjut Soetarto,pada tahun 2018,IZI Jogjakarta telah membina Penerima Manfaat (PM) terhadap 5 orang untuk dibekali kemampuan mencukur rambut, juga dibekali dengan managemen bisnis,dengan pendampingan selama 4 bulan, serta mendapatkan modal usaha,berupa peralatan cukur rambut. Sementara pada tahun 2019, IZI Jogjakarta kembali membina 10 orang, dan saat ini sedang berjalan tuturnya.

Selain PIK Cukur, IZI Jogjakarta juga membuat program Lapak Berkah yaitu memberikan kesempatan kepada masyarakat yang mempunyai usaha mikro dari kalangan kurang mampu untuk dibina dan diberikan gerobak, modal usaha, serta pelatihan managemen usaha.

Sementara itu, Miriawan, Ketua Bidang Edukasi dan Kemitraan Zakat (IZI) Jogjakarta, menambahkan bahwa tahun 2018, IZI Jogjakarta telah membina 10 orang Penerima Manfaat (PM) sementara pada tahun 2019 terdapat 20 orang Penerima Manfaat (PM) dari program Lapak Berkah,pungkasnya. (ypt)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....