Header Ads

Serma Sutarto Koramil Welahan Hadiri Kirab 1.000 Ingkung Ayam



Jepara – Plt Danramil 06/Welahan Dim 0719/Jepara yang di wakili oleh Serma Sutarto menghadiri acara Kirab 1.000 ingkung ayam dan Festival orang-orangan sawah di desa Kendengsidiakit kecamatan Welahan kabupaten Jepara, yang di ikuti sekitar 1500 orang warga, Kamis siang (20/09/2018).

Acara tersebut di hadiri langsung oleh Gubernur Jawa tengah bapak Ganjar Pranowo beserta rombongan, Jajaran Muspika kecamatan Welahan, Petinggi dan perangkat desa Kendengsidialit, Babinsa Serda Wiji Sugeng, Babinkamtibmas, Toga Tomas Toda desa Kendengsidialit, Ketua RT RW desa Kendengsidialit,

Acara yang puncaknya dilakukan di tengah area persawahan ini, merupakan bentuk rasa syukur masyarakat atas nikmat Tuhan berupa lahan sawah yang subur serta hasil panen yang melimpah. Sebelumnya, ribuan warga mengirab 1.000 ingkung ayam yang dibuat oleh warga menyusuri jalan desa. Sebagai pelengkap, dalam kirab warga desa yang mayoritas merupakan petani juga membawa orang-orangan sawah.

Kahono Wibowo selaku Petinggi desa menyampaikan bahwa kirab 1.000 ingkung ayam ini merupakan bentuk syukur masyarakat desa atas hasil pertanian yang melimpah. Dalam setahun, petani di desa tersebut bisa tiga kali panen padi. Hal itu karena terdapat irigasi yang bersumber dari sungai yang ada di desa tersebut hingga mampu mengairi 107 hektare lahan pertanian. Dan ini juga sebagai ajang saling sapa dan berkumpul seluruh warga desa. Berkumpulnya warga desa diharapkan mampu memupuk rasa persatuan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....