Header Ads

DP3AP2KB Kota Kediri Gelar Pembinaan Kader PPKBK dan Sub PPKBK


KOTA KEDIRI – Dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) kembali menggelar pembinaan kepada kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Kelurahan (PPKBK) dan Sub PPKBK se-Kota Kediri selama 5 hari di gedung kantor DP3AP2KB Kota Kediri.


Kegiatan pembinaan tersebut sangat penting dilakukan secara rutin sebagai bekal para kader PPKBK dan Sub PPKBK untuk mensosialisasikan dan memberi edukasi program KB kepada masyarakat yang berada di tingkat bawah. Para kader diharapkan lebih maksimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk bersosialisasi melalui kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) maupun Bina Keluarga Lansia (BKL) sehingga peningkatan peran kader menuju keluarga yang sehat sejahtera dan yang berkualitas bisa cepat terwujud.


Pembinaan kader PPKBK dan Sub PPKBK mengarah kepada upaya pemberdayaan keluarga dengan fokus terhadap fungsi-fungsi keluarga dengan nilai-nilai dasar yang harus diikuti. Untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera berawal dari pembangunan karakter yang hebat yakni yang berintegritas, berpendidikan, pekerja keras, gemar bergotong-royong, dan mampu berkomunikasi dengan baik.


Acara pembinaan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Kediri, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk DP3AP2KB, Kepala Bidang Keluarga Berencana DP3AP2KB,seluruh Kasi dari Bidang Pengendalian Penduduk dan Bidang Keluarga Berencana DP3AP2KB,serta Koordinator Penyuluh KKBPK dan kader-kader sebanyak 600 se-Kota Kediri.

Kepala dinas DP3AP2KB, Medi berharap peran dari kader PPKBK dan Sub PPKBK dapat meningkatkan kemakmuran, kesejahteraan, kepedulian, tentunya menjadikan Kota Kediri lebih baik.Jadi KB adalah bukan masalah kontrasepsi, melainkan KB merupakan kuwalitas keluarga, dimana kita membentuk keluarga yang berkwalitas. Dan Kami mewakili Pemerintah Kota Kediri menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh kader, dan kami berharap Pemerintah Kota Kediri bisa lebih memperhatikan keberadaan kader-kader PPKBK dan sub PPKBK dikota kediri.


Sementara, Kabid Pengendalian Penduduk DP3AP2KB Kota Kediri, Rice Oryza Nusivera atau yang biasa disapa Riris dalam kesempatan tersebut menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada para kader yang berada di setiap kelurahan-kelurahan  yang selama ini bersinergi dalam membantu mensukseskan program kependudukan keluarga berencana dalam rangka memberikan pelayanan  Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat, serta meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga khususnya di Kota Kediri untuk menuju masyarakat Indonesia yang lebih baik.


Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif ditingkat bawah yaitu kelurahan, dusun, RW, dimana setiap kampung KB merupakan konsep terpadu program KB dengan program pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain-lain.


Pemerintah Kota Kediri melalui DP3AP2KB telah mempunyai komitmen yang kuat dengan mencanangkan Kampung KB di setiap Kelurahan-Kelurahan, sejak tahun 2016 sudah dirintis. sehingga target pada tahun 2018 lebih dari 50% kelurahan di Kota Kediri sudah terbentuk Kampung KB.


“Melalui kegiatan ini kader PPKBK dan Sub PPKBK dapat menambah wawasan Kampung KB di Kota Kediri dan diharapakan dapat membantu  mensukseskan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kota Kediri dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga menuju masyarakat Indonesia lebih baik serta mampu memberikan pelayanan Komunikasi, informasi serta Edukasi kepada masyarakat secara baik dan benar.(adv/DP3AP2KB kota kediri/hep)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....