Header Ads

Sedekah Bumi 2018 Desa Tarokan Berjalan Penuh Khidmat Dan Meriah


SEDEKAH BUMI DESA TAROKAN 2018

KEDIRI – Sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah yang telah diberikan kepada masyarakat sekaligus untuk melestarikan budaya, Pemerintah Desa Tarokan, Kec. Tarokan, Kab. Kediri kembali menggelar acara Bersih Desa atau yang biasa disebut Sedekah Bumi Sabtu (22/9).

Acara tasyakuran dilakukan di Balai desa,Kemudian dilanjutkan dengan mengarak gunungan buah-buahan dan hasil pertanian ke dusun-dusun dengan berpakaian adat jawa.
Kepala Desa Tarokan,Supadi SE mengatakan sedekah bumi ini untuk mempererat hubungan antara Pemdes Tarokan dengan masyarakat. “Ini merupakan kesempatan bagi kita bisa berkeliling ke setiap dusun untuk bersilaturahmi langsung dengan warga karena tidak mungkin setiap hari bisa dilakukan,” kata Supadi.

Sejak kepemimpinan Supadi,tradisi Sedekah Bumi rutin diadakan satu tahun sekali dan tahun ini merupakan tahun kelima dengan sambutan masyarakat yang luar biasa. Pemerintah Desa Tarokan mengemas acara dengan berbagai pertunjukan kesenian tradisional. Pertunjukan kesenian diadakan supaya warga tidak melupakan kesenian asli Jawa.

Rangkaian acara bersih desa tarokan menampilkan pertunjukan berbagai kesenian tradisional, diawali dengan kesenian kuda lumping (1/9) sampai  pagelaran wayang kulit di Dusun Buka’an (9/9), pagelaran wayang kulit di Dusun Tarokan (15/9), dan pagelaran wayang kulit di depan Balai Desa Tarokan dengan lakon "Banjaran Wisanggeni" (22/9).

Supadi menambahkan, “Ini supaya warga bisa nguri-nguri budaya Jawa, sehingga warga tidak lupa pada kesenian asli Jawa yang sarat petuah dan makna untuk kehidupan manusia".
Melalui tasyakuran ini Desa Tarokan lebih bermanfaat, maju, aman serta masyarakat semakin makmur dan sejahtera.(hepi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....