Header Ads

Sri Sultan HB X : Peringatan HUT ke 74 RI, Merupakan Momentum Introspeksi dan Mawas Diri





Jogjakarta.Radarnasional.net
Upacara Peringatan hari Kemerdekaan RI ke 74, digelar di halaman Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X , memimpin upacara bendera , dihadiri Wakil Gubernur DIY, jajaran Forkompinda DIY, Para Pimpinan TNI dan Polri, dan ratusan tamu undangan lainnya.

Peringatan HUT ke 74 RI tahun 2019, mengambil tema " SDM Unggul Indonesia Maju" dimulai pukul 09.45 wib, yang ditandai  masuknya Komandan upacara , AKBP Daru Tyas, Jabatan sehari-hari adalah sebagai Ka.Subdit IV Intelkam Polda DIY, ke lapangan upacara.

Sedangkan Inspektur upacara, Gubernur  DIY, didampingi Wakil Gubernur, masuk menuju panggung VVIP pukul 09.55 wib, dilanjutkan dengan Penghormatan kebesaran pasukan upacara, dilanjutkan laporan komandan upacara kepada Inspektur upacara, tanda upacara siap dilaksanakan.

Tepat pukul 10.00 wib, sirene dibunyikan selama satu menit , upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung, dilanjutkan mengheningkan cipta di Pimpin oleh Inspektur upacara, di tutup dengan Doa.

Suasana upacara menjadi khidmat ketika pasukan pengibar bendera ( Paskibraka) melakukan prosesi menuju lapangan upacara dengan formasi "17, 8, 45", anggota Paskibraka berasal dari siswa/siswi SMA berprestasi dari seluruh DIY, yang   diseleksi secara ketat.

Seusai pengibaran Bendera Merah Putih, sebelum pembubaran pasukan, para tamu undangan mendengarkan hiburan  lagu-lagu perjuangan dan lagu daerah yang di nyanyikan oleh gabungan paduan suara dari siswa-siswi SMP dan SMA dari berbagai wilayah di DIY.

Seusai upacara pengibaran bendera di komplek Gedung Agung, saat di temui wartawan, Sri Sultan HB X, mengatakan,  Peringatan HUT ke 74 RI, merupakan momentum yang tepat untuk introspeksi dan mawas diri.

Saya berharap, kata Sri Sultan, peringatan kemerdekaan ini, bangsa dan negara Indonesia sudah punya identitas yang kuat. Dan komitmen untuk berbangsa dan bernegara dengan idiologi Pancasila itu tetap menjadi dasar pondasi, yang tidak boleh ada yang lain.

Terkait tema yang diangkat pada peringatan HUT RI tahun ini, menurut Sri Sultan HB X, perlu konsistensi untuk mengaplikasikannya, bahwa peningkatan SDM tidak hanya soal keberadaan sekolah, melainkan harus mempunyai nilai tambah untuk berkompetisi.

Sementara itu, ditempat yang sama Ketua DPRD DIY, menjelaskan, bahwa ke depan DIY mesti menjadi daerah yang mandiri, dengan mengedepankan keunggulan di sektor SDM.

Daerah Istimewa Yogyakarta memang minim sumber daya alam ( SDA) dan perusahaan besar, oleh karena itu, DIY harus meningkatkan keterampilan masyarakat untuk menciptakan usaha yang mandiri, ujarnya.(ypt)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....