Header Ads

Karnaval Ramaikan Sedekah Bumi Desa Bulurejo




Gunungan berisi hasil bumi, Dalam rangka sedekah bumi desa Bulurejo Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang.

Kepala Desa Bulurejo Rohman Adi: Sujud syukur kepada Allah SWT, Tuhan yang maha Esa serta penghormatan kepada orang yang dihormati apalagi sesepuh atau pendiri suatu daerah ditiap wilayah dinegara kita yang sangat kaya dengan adat serta budaya yang ditinggalkan oleh para pendahulu kita, tentunya juga berbeda-beda atau punya cara masing-masing dalam menyajikannya.

 "Tradisi serta ritual-ritual yang dulu pernah dilakukan oleh pendiri/perintis suatu wilayah sampai sekarang masih saja awet dan selalu dilakukan, bahkan telah menjadi agenda rutin setiap tahunya."Ujarnya.

"Kita bisa menyaksikan tradisi saudara kita yang berdomisili sepanjang pantai utara laut jawa, mulai dari Tuban, Rembang dan seterusnya sampai diujung jawa bagian barat, banyak kita kenal tradisi sedekah laut yaitu larung sesaji.

Begitu juga dengan sebagian masyarakat kita yang tinggalnya agak jauh dari laut, dan kehidupan sehari-harinya sebagai petani, mereka semua pun memiliki adat serta tradisinya masing-masing seperti acara sedekah bumi, sedekah desa atau bersih desa.

Seperti yang telah dilaksanakan pada hari kamis, 05/09/2019 mulai pukul 10.00 wib bertempat di Balai Desa Bulurejo kecamatan Tempursari, yakni acara tersebut sudah termasuk agenda tahunan. Sedekah bumi/selamatan desa ini berupa arak-arakan yang diikuti oleh seluruh RT yang ada didesa Bulurejo sebanyak 18 RT, ini adalah suatu wujud kebersamaan untuk menciptakan kerukunan, Saling menghormati perbedaan umat beragama."kata kades.

"Karnaval Dirgahayu HUT RI ke 74 juga ikut meramaikan dalam acara Sedekah bumi,
dengan Jumlah peserta yang mengikuti karnaval adalah 19 peserta yang di ikuti oleh warga masyarakat desa bulurejo.

Grup Tari yang di mainkan pemuda desa bulurejo dan diiringi musik sound sistem pak brengos dari Banyuwagi, begitu dahsyatnya suara menggelegar, juga turut meramaikan acara karnaval.

 "Dibawah terik matahari siang yang cukup menyengat terlihat berderet peserta Karnaval yang mulai berjalan beriringan berupa hasil bumi /hasil pertanian seperti Padi,buah,sayur dan polowijo yang disusun menyerupai gunungan, dan yang membuat acara ini lebih semarak adalah terlihat pula seni tradisional barongan yang mengiringi, sepeda santai, musik dangdut juga tidak ketinggal turut meramaikan.

Untuk  rute yang dilalui oleh arak-arakan peserta karnaval, jarak di tempuh sekitar 3,5 km dengan pengamanan gabungan yakni Koramil Tempursari, polsek serta Satgas Desa bersama linmas desa Bulurejo.

"Kepala desa Bulurejo Rohman Adi menyampaikan, "Acara Sedekah bumi didesa kami banyak sekali rangkaianya diantaranya adalah acara karnaval yang diikuti 18 RT didesa kami, ini semua adalah wujud rasa syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa serta penghormatan kami kepada para leluhur.
"Untuk leluhur dan cikal bakal desa Bulurejo."Ucap kepala desa.

"Adapun cikal bakal atau sesepuh tiap padukuhan kami atas nama pemimpin masyarakat desa bulurejo sujud syukur.
"Semoga dengan acara Sedekah bumi ini, Masyarakat Desa Bulurejo menjadi Tambah Makmur, Di Berikan Rezeki yang Barokah, Desa yg Aman Tentram dan selalu dalam lindungan Allah SWT," pungkasnya. (Bkt/red)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....