Header Ads

Bersih desa di desa sukoanyar sebagai ajang pesona wisata





Malang,  Radar Nasional.net salah satu kearifan nilai budaya lokal yang sudah ber abad abad berkembang pada masyarakat jawa adalah tradisi " BERSIH DESA " ada pepatah dari leluhur masyarakat jawa yg sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat jawa " Wong Jowo ojo Ilang Jawane " Orang jawa jangan sampai kehilangan Jati dirinnya sebagai orang jawa.

Agaknya ungkapan tersebut melekat pula pada masyarakat Desa Sukoanyar  kec pakis kab malang yg di pimpin Drs h. Usman selaku kepala desa. Hal tersebut dapat kita lihat dari serangkaian Acara Ritual bersih desa yg di kemas secara rapi oleh panitia mulai dari Santunan yatim piatu, pengajian umum, jalan sehat, kesenian kuda lumping, campursari dan puncaknya Karnaval
 minggu 06 oktober 2019

Acara Bersih desa yg diadakan 2 tahun sekali sungguh sangat berbeda dengan tahun" sebelumnya bgtu kata Suyono selaku ketua Panitia.  Masih kata Suyono untuk acara karnaval  di ikuti oleh 11 Lembaga  dan untuk Anggaran di ambilkan dari Swadaya masyarakat juga donatur dan simpatisan mas.
Dan nanti malam akan diadakan kegiatan Letting sound sistem dari berbagai daerah seperti Blitar, jember dan dari wilayah malang sendiri pungkasnya.

Hal senada di benarkan oleh H usman selaku kepala desa Sukoanyar " semua masyarakat sangat Antusias mengikuti Acara ini mas, mengingat bersih desa yg diadakan tiap 2 tahun sekali imbaunya waktu diwawancarai oleh temen media. Masih kata H usman yg juga sebagai ketua paguyuban desa kec pakis ini " Letting sound sistem setahu saya ada yg dari Blitar, jember dan di desa sukoanyar sendiri ada 43 Rt dan 8 Rw dan itupun semua Rt mengeluarkan tampilan masing" dan ditambah dari 11 Lembaga pendidikan mulai dari PAUD hingga SMK mas. Saya berharap kedepannya masyarakat mau bersama sama untuk membangun desa Sukoanyar menjadi desa yg lebih baek lagi pungkasya. 

Salah satu warga yg identitas nya tidak mau disebutkan mengatakan masyarakat sangat senang sekali dengan event bersih desa ini apalagi dibawah kepemimpinan H usman selaku kepala desa Sukoanyar menjadi desa yg lebih maju buktinya mulai dari  sarana prasarana Infrastruktur berupa bangunan,  pengairan dan Irigasi sudah baek, selain itu juga didalam menajemen pengurusan surat menyurat lancar  seperti pengurusan KK, KTP dan administrasi lainx pungkasya ( syt )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....