Header Ads

Bekali Generasi Muda dengan Wawasan Kebangsaan Cegah Disintegrasi Bangsa



Purbalingga, Jateng - Dalam rangka Wasbang program Tri wulan ke-IV tahun 2019 serta untuk memupuk rasa cinta tanah air kepada generasi muda, Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal,S.I.P., M.Han., melalui Pasiter Letda Inf Suriyono memberikan Wawasan Kebangsaan kepada Siswa SMK N 1 Kaligondang. Kegiatan ini mengambil tema " Melalui Kegiatan Wawasan Kebangsaan Tahun 2019 TNI-AD Siap Membina dan Membentuk Masyarakat yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Mempererat ke-Bhineka Tunggal Ika-an dalam Menjaga Keutuhan NKRI". Kegiatan  dilaksanakan di Gedung Technopark sekolah tersebut yang diikuti oleh 225 siswa , Jumat (29/11/2019).

Letda Inf Suriyono memberikan materi Wawasan Kebangsaan yang meliputi NKRI, UUD 1945, Pancasila dan Sosial Budaya serta Bahaya Komunis Modern.

Adapun materi utama yang disampaikan Pasiter yaitu mengenai Proxy War. Mengingat materi Proxy War ini sangat luas dan sangat penting untuk diketahui oleh seluruh generasi muda khususnya pelajar. Oleh karena itu,  sangat ditekankan kepada para peserta dengan harapan benar-benar memahami dan mengerti mengenai proxy war, sehingga nantinya dapat menjaga keutuhan NKRI.
“Materi Wawasan Kebangsaan ini sangat penting bagi para pelajar dengan tujuan untuk menanamkan upaya pembinaan karakter dan jati diri bangsa. Disamping itu agar generasi muda mampu mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan diantaranya yaitu disintegrasi bangsa. Kemudian generasi muda diharapkan mampu mengutamakan semangat persatuan dan kesatuan. Aktualisasi wawasan kebangsaan merupakan partisipasi nyata setiap warga negara dan komponen bangsa serta memberi konstribusi dalam membangun bangsa, mengangkat harkat dan martabat bangsa di dunia,” terang Letda Inf Suriyono.
(Pendim0702/Pbg).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....