Header Ads

Komandan Lantamal III Jakarta, Hadiri Latihan Penanggulangan Bencana Berskala Besar



Jakarta - Komandan Lantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menghadiri acara latihan penanggulangan bencana alam, dalam rangka menguji kemampuan dan kesiapsiagaan para prajurit TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pelatihan kegiatan penanggulangan bencana berskala besar yang dilaksanakan di Dermaga B, Pelabuhan Pelindo II Panjang, Bandar Lampung, Kamis, (28/11).

Adapun unsur-unsur yang terlibat latihan ini adalah Lantamal III Jakarta, Lanal Lampung, KRI Tenggiri, Kal Pohawang, Patkamla Pulau Sebesi, Sea Rider Lanal Lampung, Sea Rider Basarnas, kapal Basarnas, kapal Patroli Dirpolair Polda Lampung.

Sedangkan untuk evakuasi korban, menggunakan helly Basarnas, ambulance Diskes, Posko Kesehatan Lapangan, untuk penanganan korban yang selamat di tempatkan di posko pengungsi yang akan mendapatkan bimbingan dari Tim Psikologi agar tidak mengalami trauma, serta pendataan korban luka dan meninggal dunia.
 “Kegiatan latihan yang menggandeng seluruh stakeholder ini, merupakan kebijakan dari TNI Angkatan Laut dalam menguji satuan yang berada di bawahnya, dimulai bagaimana mereka mampu melaksanakan penanggulangan bencana alam, juga bagaimana mereka bekerja sama dengan satuan lain yang terkait di dalamnya”, demikian menurut Komandan Lantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M.

 “Selain itu dalam pemilihan lokasi latihan daerah, Lampung merupakan daerah yang tepat dan penting atas kaitannya terhadap bencana, dan kami juga menggelar latihan ini di tempat lain seperti Makassar, Ambon, Surabaya, Banten dan Lampung” ucapnya lagi.

Dalam pelaksanaan latihan ini Komandan Lantamal III selalu didampingi  Danlanal Lampung Letkol Marinir Amrul Adriansyah, S.E., M.H. selaku Dansatgas Latihan Penanggulangan Bencana Alam di daerah Lampung.

Hadir dalam kegiatan ini, Asrena Danlantamal III, Asintel Danlantamal III, pejabat dari Disopslatal, dan beberapa pejabat TNI Angkatan Laut, serta pejabat dari instansi terkait lainnya.

Dispenal

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....