Header Ads

Semarak Ritual Adat Mertikali Tirtonongko, Wujud Syukur Warga Desa



Kulon Progo. DIY -  Serka Sarana, Babinsa Purwosari, Koramil 12/Girimulyo, Kodim 0731/Kulon Progo, melaksanakan pemantauan acara ritual adat Mertikali, yang berlangsung di Dusun Tegalsari, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo.

Rangkaian acara adat Mertikali Tirtonongko, diisi dengan Kirab Gunungan, Gelar Kenduri/Tasyakuran, Pentas Seni Jatilan dan Angguk. Tampak hadir hadir dalam acara tersebut Pejabat dari Dinas Pariwisata DIY, Unsur Forkopimca Kecamatan Girimulyo, (Wardoyo), Pj. Kades, Perangkat Desa, Dukuh, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Dusun Tegalsari, Desa Purwosari.

Merti Kali (bersih sungai) merupakan bentuk kearifan lokal masyarakat Dusun Tegalsari, Desa Purwosari, dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan sungai.  Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur, karena sungai menyokong kegiatan masyarakat sehari-hari.  Tujuan Merti Kali adalah dalam rangka menumbuhkan rasa kebersamaan, kesadaran dan kepedulian masyarakat maupun pemerintah dalam memelihara serta menjaga kelestarian sungai.  (Pendim 0731/KP).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....