Header Ads

Diduga 159 Desa Di Kabupaten Pati Menyalahgunakan Uang 5 Milyar Di Bumdes




Radar Nasional.net Pati - Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan perekonomian desa diduga carut- marut dalam pengelolaannya.Aliran Dana Desa ( ADD ) yang bersumber dari APBN yang nilainya milyaran  yang berasal dari pajak rakyat disalah gunakan oleh desa pada porsi yang sebenarnya oleh oknum tertentu atau kelompok demi kepentingan pribadi tanpa rasa peduli.

Anton Sugiman Ketua LSM PKP ( Pemantau Korupsi Pemerintah ) dari Kabupaten Pati berkomentar,bagaimana dengan pertanggungjawaban penggunaannya dan mengapa?
Karena adanya indikasi kuat Konpirasi Korupsi di Bumdes yang merujuk pada pasal 3 Undang - undang no.31Tahun 1999 jo.Undang - undang no.20 Tahun 2001 Tentang Tipikor.
Disamping itu,beliau juga mencontohkan mengapa BUMDES tersebut dapat dikelola oleh sebuah Perseroan Terbatas ( PT ) hampir 159 Desa yang ikut andil dalam pengagunaan Dana Desa dengan nominal Rp.20 Juta.Dan benarkah sudah terkumpul Rp.5 Milyar? yang kemudian berwenang membangun sebuah Klinik Kesehatan di Wilayah Kabupaten Pati,tandasnya

Sementara Riyanta S.H Ketua LSM Gerakan Jalan Lurus ( GJL )  dengan kepeduliannya akan selalu memantau uang  miliaran yang berasal dari BUMDES  lewat pajak rakyat dalam penggunaannya.
Apapun yang namanya anggaran dari pajak rakyat wajib diawasi sebagai kontrol sosial,ujarnya lewat Whats App ( WA )

Secara terpisah Mantan Ka Subag Humas Kabupaten Pati berkomentar,kegiatan tersebut di atas  patut diduga terjadi adanya penyimpangan berat atas Tupoksi ( Tujuan Pokok dan Fungsi ) dari Bumdes itu sendiri.  penyalah gunaan wewenang dari penjabaran penggunaan ADD/DD yang sebenarnya,tuturnya.
Reporter : ( ADHI.S )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
....
....